Rabu, 07 Februari 2018

macam macam permainan khas jawa

1. Gobag Sodor
Gobak sodor atau ada yang menyebutnya Galasin atau permainan Hadang merupakan permainan tradisional masyarakat Indonesia yang masih sering dimainkan oleh anak-anak.
Gobak Sodor
Permainan gobak sodor dimainkan di atas lapangan berbentuk segi empat dengan ukuran lapangan 9 x 4 meter yang dibagi menjadi 6 bagian. Bagian- bagian tersebut dibatasi dengan garis pembatas.
Permainan gobak sodor dimainkan oleh dua tim, yaitu tim yang satu bergerak secara vertikal dan tim lainnya bergaerak secara horizontal. Biasanya terdapat satu orang yang berjaga pada tiap garis batas vertikal. Tugas anggota tim yang menjaga garis batas vertikal tersebut adalah menghalangi jalannya anggota tim yang berjalan secara horizontal. Oleh karena itu permainan ini sangat mengasikkan dan dibutuhkan fisik yang kuat serta analisis yang baik.
2. Petak Umpet/ Delikan
Petak Umpet
Petak umpet adalah sejenis permainan cari dan sembunyi yang bisa dimainkan oleh minimal 2 orang yang umumnya berada di luar ruang.
3. Ingkling
Ingkling
Permainan ingkling merupakan salah satu permainan unik dan tradisional rakyat Indonesia yang tergambar indonesia yang megandalkan ketahanan kaki saja. Kuat nggak melompat – lompat dengan satu kaki. Yang main tak cuma anak perempuan, anak laki- laki juga bisa. Semakin ramai malah semakin seru!
4. Neker/ Kelereng
Permainan neker
Permainan ini biasanya dimainkan di tanah. Dalam bermain, biasanya sejumlah kelereng akan diletakkan di dalam sebuah lingkaran yang sudah dibuat sebelumnya. Tiap pemain akan berusaha mengeluarkan kelereng itu dari dalam lingkaran tersebut. Siapa yang berhasil mengeluarkan kelereng dari lingkaran, maka dia yang berhak untuk memilikinya.
5. Benthik
Benthik
Benthik adalah salah satu permainan tradisional asal daerah Jawa yang memanfaatkan tanah lapang dengan menggunakan alat tongkat kayu dengan ukuran yang berbeda.
6. Dakon
Permainan dakon
Dakon adalah salah satu jenis permainan yang dapat dimainkan oleh anak-anak laki-laki maupun perempuan.  Permainan ini membutuhkan biji dakon. Biji dakon ini bisa menggunakan biji sawo kecil atau sawo manila, atau pun kelereng kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar