Rabu, 07 Februari 2018

10 MAKANAN KHAS SULAWESI

1. Jalangkote

Makanan Khas Sulawesi
Jalangkote adalah salah satu makanan khas sulawesi yang paling populer dan enak di daerah ini. Makanan khas yang satu ini bentuknya hampir sama dengan pastel. Namun keduanya tidak sama, karena kulit pada jangkote lebih tipis dari pastel, dan isinyapun tidak sama dengan pastel yang biasa sering kita lihat.
Makanan khas sulawesi yang satu ini, memiliki isi yang lebih banyak jika dibandingkan dengan pastel, isi bagian dalamnya, biasanya campuran potongan kentang dan wortel yang dipotong berbentuk dadu, kemudian ada toge dan soun. Semua bahan itu ditumis dengan campuran bawang putih, bawang merah, merica dan diberi garam penyedap rasa. Makanan khas yang enak ini ini sangat cocok disajikan menggunakan saus tomat. Pada saat bulan puasa, jalangkote ini biasa dihidangkan sebagai menu pembuka puasa.

2. Nasu Palekko

Masakan Khas Sulawesi
Bagi para pecinta daging, nasu palekko adalah makanan khas sulawesi yang enak dan populer yang bisa memberikan kenikmatan tersendiri bagi para pemakannya. Makanan ini bahan dasarnya adalah daging sapi, sehingga buat kamu para pecinta daging harus segera mencicipi Nasu Palekko. Makanan khas sulawesi yang satu berbumbu santan, hampir sama dengan coto.
Meskipin nasu paleko berbahan daging sapi sangat enak, nasu palekko berbahan baku daging bebek lebih populer lagi. Daging bebek yang digunakan bukan daging bebek sembarangan, melainkan daging bebek dengan kualitas tinggi dan masih bertekstur lembut.
Bagian yang paling digemari oleh pemburu kuliner, adalah bagian leher bebek yang memiliki rasa yang kuat dan enak. Tentu saja, kamu harus merasakan kelezatan makanan khas sulawasi yang satu ini. Akan lebih enak jika dimakan bersama keluarga.

3. Coto Makassar

Makanan Khas Sulawesi
Tak kalah populer dengan jalangkote, makanan khas sulawesi yang selanjutnya adalah coto makasar. Makanan khas daerah makasar ini sudah terkenal kemana-mana, bahkan sudah dikenal di tingkat mancanegara. Hampir sama populer dengan warung masakan padang yang ada dimana-mana.
Di Sulawesi warung dan restoran yang menjual menu Coto Makasar juga sangatlah banyak, sehingga ketika kamu main ke sulawesi, sangat dengan mudahnya meendapatkan makanan enak yang satu ini. Bahkan tanpa main ke Makasarpun kamu bisa menikmati Coto Makasar, karena bahkan di tempat dekat rumah kamu juga ada yang menjualnya. Tapi, tentunya akan berbeda sensasi rasanya ketika kamu menikmatinya langsung dari sulawesi.
Karena makanan khas sulawesi yang satu ini terbuat dari bahan baku jeroan daging sapi, kamu yang vegetarian alias tidak memakan daging tentunya sangat disayangkan tidak bisa menikmati makanan khas sulawesi ini. Coto Makasar dibuat dengan cara yang unik, yaitu dengan merebus bahan bakunya pada waktu yang sangat lama di dalam air cucian beras. Lalu ditambah juga kacang tanah yang telah dihaluskan. Wah unik kan?
Coto Makasar sebagaidibuat menggunakan campuran bumbu rempah-rempah asli Nusnatara seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica, kemiri, dan jinten yang di sangrai. Coto makasar sangat mantap dinikmati dengan buras atau ketupat.Kebayang deh kenikmatan dari makanan khas  ini, pokonya buat kamu yang belum pernah merasakannya, harus cepat-cepat mencoba kenikmatannya. Segera cek, di daerah kamu ada yang jual makanan khas sulawesi ini gak.

4. Burasa / Buras

Makanan Khas Makasar yang Enak
Buras, atau biasa disebut burasa juga merupakan salah satu makanan khas sulawesi. Buras/burasa jika dilihat sekilas, hampir sama dengan lemper. Namun berbeda, karena lemper merupakan makanan khas dari daerah jawa. Kemudian dari segi bahan baku juga beda, kalau lemper dibuat dari bahan baku ketan, sedangkan buras berbahan baku beras. Adapun kesamaan dari keduanya, yaitu pembungkusnya menggunakan daun pisang.
Makanan khas sulawesi ini mempunyai keunikan pada cara menikmatinya. Yaitu dengan cara mencelupkannya pada bumbu yang dibuat dari campuran bumbu kelapa kering yang sudah di campur dengan gula, cabai dan garam. Burasa akan sangat nikmat jika dihidangkan dan dinikmati pada waktu sore hari, sebagai teman minum teh atau kopi.
Pada setiap acara syukuran, biasanya makanan khas sulawesi yang satu ini selalu saja dihidangkan, bahkan pada saat acara pernikahan, dan juga hari raya lebaran.Ketika berkunjung ke sulawesi, pastinya kurang lengkap kalo kamu tidak menikmati makanan khas yang satu ini.

5. Bubur Manado Makanan Khas Sulawesi

Bubur Manado
Selanjutnya, makanan khas sulawesi yang harus kamu rasakan adalah bubur manado. Makanan khas yang satu ini digemari banyak orang, tidak hanya oleh warga sulawesi saja. Melainkan orang-orang yang luar selain dari sulawesi juga gemar menikmati makanan khas yang satu ini. Termasuk penduduk warga jawa.
Cara membuat bubur manado makanan khas sulawesi ini sangatlah mudah. Kemudian, kamu juga harus tau bahwa bubur manado memiliki banyak kandungan gizi yang cukup tinggi. Cara pembuatannya tak jauh beda dengan bubur pada umumnya, berbahan baku beras dan air yang diaduk dalam sebuah wadah hingga masak mengental. Diberi campuran bumbu seperti merica, garam, dan bawang putih.
Namun berbeda dengan bubur biasanya, makanan khas sulawesi ini bisa ditambahkan campuran labu kuning, kangkung, bayam, serta daun kemangi sesaat sebelum bubur benar-benar matang. Bisa juga diberi campuran ubi jalar merah, atau jagung manis yang telah dipipil.
Untuk kamu yang vegetarian, tentunya makanan khas sulawesi ini sangat cocok dinikmati, terlebih sebagai pelengkap sarapan di pagi hari. Pada umumnya, makanan khas daerah ini disajikan bersama ikan asin yang digoreng kering dan sambal sebagai pelengkap.

6. Pisang Epe

Pisang Epe
Makanan manis yang enak dan menjadi adalah Pisang Epe. Bagi kamu pencinta makanan manis, tentunya harus mencoba makanan khas yang satu ini. Namanya juga pisang epe, tentu saja makanan khas nusantara ini terbuat dari bahan baku pisang yang belum terlalu matang dan sebelumnya dipipihkan.
Pisang epe memiliki keunikan saat membuatnya, yaitu dibakar sampai sedikit kosong.Cara paling nikmat untuk menyantap makanan khas sulawesi ini adalah dengan cara mencelupkan pisang tadi ke dalam saus gula merah.
Kalo kamu berkunjung ke pantai losari, tentu itu akan menjadi waktu yang paling tepat untuk menikmati pisang epe. Keindahan pemandangan makasar, bersama suara deburan ombak dan pemandangn sunsetnya akan sangat mendukung jika ditemani dengan makanan khas sulawesi.

7. Mie Titi

Mie Titi
Mie titi menjadi makanan khas sulawesi yang paling unik dan paling bersejarah. Kenapa demikian? Karena makanan ini sudah ada sejak tahun 70-an dan sudah populer sejak saat itu. Mie titi memiliki ciri khas pda bentuknya, memiliki tekstur yang lebih tipis jika dibandingkan dengan mie pada umumnya.
Menurut cerita, makanan khas sulawesi yang satu ini pertama kali dibuat oleh Ang Kho Tjau. Dia adalah seorang pemilik kedai keturunan asal tionghoa / cina. Dan kepada generasi berikutnya, beliau menurunkan kemampuan membuat mie yang tipis ini kepada anak-cucu nya.Karena sudah lama sekali keberadaanya, mie titi sudah beberapa kali mengalami inovasi pada rasa dan cara penyajiannya.
Biasanya mie titi disajikan menggunakan kuah kental yang sudah dicampuri dengan irisan jamur, daging ayam, hati, udang dan cumi.Dan sebagai pelengkap ditaburi bawang goreng. Makanan khas sulawesi ini sangat cocok dinikmati malam hari, apalagi kalo setelah turun hujan. Wah mantap pastinya menikmati hangatnya mie titi saat suasana sejuk.

8. Kasoami

makanan khas sulawesi yang populer
Makanan khas sulawesi yang berikutnya sering disebut Kosami. Namun sebutan ini bagi sebagian besar warga sulawesi tenggara yang tak asing. Kosami biasa dikenal dengan sebutan soami, makanan khas yang satu ini terbuat dari bahan baku ubi. Bagi orang sulawesi yang sudah biasa, tentu saja sangat mudah untuk membuat makanan ini. Tapi bagi para pemula, tetunya akan menjadi tantangan tersendiri untuk membuat kosami, karena perlu kesabaran saat membuatnya.
Untuk pembuatannya yaitu dengan cara memarut ubi sampai halus, tentunya ubi tersebut sebelumnya dibersihkan dahulu. Selanjutnya ubi di peras hingga kering dengan menggunakan peralatan khusus. Alat itu berfungsi untuk mempercepat proses pengeringan.Kosami sebagai makanan khas sulawesi sangat enak jika dinikmati bersama ikan asin.

9. Lapa-lapa

Makanan Khas Sulawesi


makanan khas sulawesi enak
Tahukah kalo lapa-lapa adalah makanan khas sulawesi tenggara? Rasa dari makanan khas ini gurih dan nikmat, pastinya sangat nyaman di lidah. Apalagi kalo disantap bersama ikan asin, tentu saja ini bisa menambah selera makan kamu.
Jika di jawa, makanan khas sulawesi ini hampir mirip dengan leupeut/lepat. Namun pembedanya adalah cara memasaknya, lapa-lapa dimasak bersama campuran air santan hingga setengah matang dan langsung di angkat lalu didinginkan. Kemudian setelah itu dibungkus menggunakan janur dan direbus kembali hingga benar-benar matang dalam waktu yang lama.

10. Kapurung

makanan khas sulawesi
Terakhir, makanan khas sulawesi ada yang namanya kapurung. Di daerah luwu, makanan ini sangatlah populer. Sepintas, kapurung hampir sama dengan Bubur Manado karena keduanya sama-sama memakai sayuran sebagai campurannya.
Namun kedua makanan khas sulawesi itu berbeda, kapurung terbuat dari tepung sagu yang diberi bumbu halus dengan bahan perasan jeruk nipis, cabe rawit dan air. Sebagai topingnya, ada daging ayam rebus yang di suir-suir kemudian ditambah kangkung, potongan terong ungu, daun katuk atau daun pakis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar